Wednesday, December 26, 2012

Jenderal HM Sarbini Tinggal di Desa Indrosari, Buluspesantren, Kab. Kebumen





Banyak tokoh-tokoh besar dan berjasa dalam perjuangan yangberasal dari Kabupaten Kebumen. Salah satunya Jenderal HM Sarbini. Jenderal HM Sarbini adalah seorang Purnawirawan yang dilahirkan di Kebumen dan banyak mengabdi selama masa perjuangan baik di bidang militer maupun pemerintahan RI.

Dalam masa perjuangan terutama 20 Oktober 1945 M Sarbini yang kala itu berpangkat letkol, memimpin pasukan tentara keamanan rakyat resimen kedu tengah dan menyerang serta mengepung tentara sekutu dan NICA di Desa Jambu Ambarawa yang kemudian dikenal dengan peristiwa Palagan Ambarawa. 

Selama masa Pemerintahan Bung Karno Mayjend Sarbini menjabat sebagai menteri pertahanan dalam kabinet Dwikora II tahun 1966 yang kemudian digantikan oleh Letjen Soeharto. Untuk mengenang jasa-jasanya sekaligus sebagai wujud kebanggaan masyarakat Kabupaten Kebumen, saat ini tengah diusulkan pemberian gelar pahlawan nasional untuk jenderal HM Sarbini. Untuk itu Kepala Disnakertransos Kebumen Drs. Eko Widianto mengundang berbagai elemen, salah satunya HR. Soenarto, ketua letjen veteran Kebumen, Kasdim 0709 Kebumen serta dari Pepabri dan DHC 45 dan dinas terkait


Menurut warga desa Indrosari, Jendral Sarbini dulu pernah tinggal di desa Indrosari, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen. Sekarang Rumah tua itu ditempati oleh Bpk. Djati Asmoro Krisno. Maka tidak heran kalau ada jalan HM. Sarbini di desa Indrosari ke utara sampai Pasar Hewan Kebumen. Banguna rumahnya berbentuk Joglo.

Untuk mengenang jasanya pemerintah RI mengabadikan namanya untuk namagedung (Balai Sarbini) di Jakarta, nama jalan dan Taman Kota di Kebumen (Taman HM. Sarbini)

Sumber: BumenNews

No comments:

Post a Comment