Wednesday, December 26, 2012

Sejarah Berdirinya Desa Seling, Karangsambung, Kab. Kebumen


Pada jaman dahulu ada seorang yang sakti yaitu mbah SURANAYA yang sering disebut dengan mbah Penosogan,. mbah penosogan adalah cucu dari mbah AGUNG dari Kajoran..Mbah Agung mempunyai putra bernama mbah NAYADIWANGSA yaitu mbah kedung pane..Mbah Kedung Pane menurunkah Mbah SURANAYA ( Mbah Penosogan ) Mbah Penosogan adalah seorang yang sangat sakti,Beliau orang yang pertama kali babad Alas sembung gani di wilayah yang sekarang menjadi pemukiman dan sebuah Desa yaitu Desa Seling,sehingga ini merupakan sejarah yang harus kita uri-uri jangan sampai hilang dan tidak di kenang oleh anak cucu keturunan dari masyarakat Desa seling sekarang maupun yang akan datang..
setelah mbah Penosogan bermukim/bertempat tinggal yang sekarang menjadi Desa seling..Pada suatu hari 

Mbah penosogan kedatangan tamu dari keraton jogja yang bernama KERTANEGARA, KERTANEGARA mertamu ke mbah Penosogan untuk minta pertolongan/perlindungan kepada mbah penosogan karena beliau dikejar oleh prajurit keraton dan tentara belanda, karena beliau tidak sepakat dengan kedudukan Belanda di Jogja.Sehingga Kertanegara di anggap mbalelo..Waktu itu mbah penosogan setuju setelah mendengar cerita mbah kertanegara..Kemudian mbah penosogan mengusap wajah mbah kertanegara dan berubahlah wujud wajahnya,sehingga siapapun yang melihatnya tidak mengenali wajah mbah kertanegara kalau itu adalah mbah kertanegara..Kemudian kertanegara di beri nama menjadi KERTAPENGALASAN yang sekarang di kenal sebagai mbah PRINGTALI,..

Setelah keraton jogja sudah dianggap aman,.Mbah pringtali/kertanegara kembali ke keraton..Dan kembali ke mbah penosogan dengan membawa seekor kerbau yang berwarna kuning dan seekor jago yang berwarna hitam keling (celink) ayam tersebut tidak ber ekor/lancur seperti umumnya ekor jago namun papak seperti ekor ayam betina..Dan kaki jago tersebut satu berwarna kuning,yang satunya berwarna putih.. Yang sampai saat ini di kenal dengan nama JAGO SELING.. Jago tersebut di berikan kepada mbah Penosogan.. Dan di situlah nama DESA SELING di ambil dari sejarah tersebut

Sumber: Pemdes Seling

No comments:

Post a Comment