Tuesday, February 17, 2015

Mengenal Batu Akik Badar Besi

Batu Akik Badar Besi ini mengandung unsur besi (fe) dengan kandengan oksigen yang tinggi sehingga memiliki warna abu-abu kehitaman. Batu ini memiliki nilai kekerasan 5-6 skala mohs.  Batu akik badar besi banyak ditemukan di wilayah Brazil, Mexiko, Australia dan amerika. Wilayah ini notabene dekat dengan wilayah pegunungan yang sering terjadi banjir lahar beratus-ratus tahun yang lalu. Batu ini juga di temukan di wilayah Indonesia. Di Indonesia banyak di jumpai di banyak daerah, seperti Kabupaten Kebumen-sebagai salah satu wilayah penghasil badar besi terbaik. Di kabupaten Kebumen banyak dijumpai di daerah Karanggayam, Sadang  dan Karangsambung atau di sepanjang sungai luk-ulo.

Memiliki struktur mirip batu Ruby
Batu akik badar besi (Hematite) disebut juga batu magnetsteen karena apabila di dekatkan dengan  magnet batu ini akan tertarik dan menempel atau berputar-putar dan ada juga yang menolak dengan bergetar ditempat saja. Batu ini bisa mengeluarkan efek mengkilat seperti besi jika dogosok/diasah.Batu akik badar besi memiliki struktur kristal yang sama dengan batu corundum (ruby), selain terdapat di Bumi , batu sejenis yang memiliki unsur Hematite dengan kandungan Fe yang cukup dominan juga di temukan di Planet Mars. Bebatuan Hematite ini ditemukan berbentuk gunung dan bukan terpendam di bawah lapisan tanah seperti di planet Bumi. Demikian seperti Informasi yang  didapat dari The Mars Exploration Microscopic.

Banyak dipalsukan
Batu akik badar besi oleh beberapa orang dianggap kurang cocok digunakan sebagai perhiasan, karena warnanya yang terlalu gelap dan kurang menarik. Namun banyak orangjustru tertarik dengan keunikan  dari batu ini. Karena keunikan batu ini,  banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab memalsukan batu akik badar besi ini. Untuk itu kita harus berhati-hati dalam membeli jenis batu ini. 
Untuk menguji keaslian daripada batu ini ada beberapa cara yang sering digunakan yaitu:  (1) Pastinya jika batu akik badar besi ini di dekatkan dengan magnet batu tersebut akan tertarik dan menempel pada magnet (2) Cara kedua yaitu ambil buah pepaya muda cari getahnya lalu oleskan pada batu badar besi tersebut,. Apabila getah buah pepaya tersebut cepat mengering maka batu ini asli

(Dari berbagai sumber)


No comments:

Post a Comment